Catat, Doa Niat Mandi Puasa Dan Manfaat Bagi Tubuh !

Puasa Ramadhan sudah tiba, ibadah puasa Ramadhan ini merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh seluruh umat Islam diseluruh dunia. Dimana, para umat Islam harus menahan nafsu haus dan lapar serta nafsu manusiawi selama bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan ini bagi umat Islam merupakan bulan yang berkah dimana ada banyak sekali ganjaran pahala yang dijanjikan kepada umat Islam ketika melakukan ibadah selama bulan ini baik itu ibadah wajib hingga ibadah sunnah yang sangat dianjurkan. Selama bulan Ramadhan juga, doa-doa sangat mustajab untuk dikabulkan sehingga tentu umat Islam berbondong-bondong dalam melaksanakan ibadah.

Selama bulan Ramadhan, tak hanya ibadah wajib saja seperti sholat fardhu, puasa yang memiliki pahala. Tetapi juga ibadah-ibadah sunnah yang dilakukan dihitung berkali-kali lipat pahalanya seperti ibadah sholat tarawih, tadarus Al-Quran hingga ibadah sunnah lainnya termasuk persiapan mandi dan membaca doa niat mandi puasa yang sering kali dilakukan dalam melaksanakan ibadah puasa.

Doa Niat Mandi Puasa Dan Tata Cara Mandinya

Mandi puasa dan membaca doa niat mandi puasa ini pada umumnya merupakan ibadah sunnah dengan maksud bertujuan membersihkan diri dari segala kotoran, hadist kecil hingga hadist besar. Mandi puasa ini tentu dilakukan sebelum melakukan ibadah puasa atau dalam arti membersihkan diri serta menyucikan diri. Doa niat mandi puasa ini sama saja seperti mandi junub pada umumnya dimana tujuannya adalah membersihkan diri dari segala hadas besar dan hadas kecil. Sudah banyak tutorial buku ataupun diinternet mengenai doa niat mandi puasa.  

1. Niat Mandi Puasa Beserta Latin dan Artinya

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَال

Nawaitul ghusla liraf’il hadasil akbari fardlal lillaahi ta’aalaa

Artinya : “Sengaja aku melakukan mandi untuk membersihkan hadas besar karena Allah ta’ala

2. Tata Cara Mandi Puasa

Dalam melakukan mandi puasa atau mandi junub tentunya berbedanya dibandingkan mandi secara pada umumnya. Pada mandi sebelum menyambut atau melaksanakan ibadah puasa ini sendiri bertujuan untuk membersihkan dari berbagai macam hadas besar yang menempel pada  tubuh sehingga membuat tubuh kembali bersih serta suci untuk melaksanakan ibadah puasa ramadhan. Adapun tata cara dalam melakukan mandi menyambut atau sebelum puasa ramadhan ini adalah pertama membaca doa niat mandi puasa seperti yang telah disebutkan oleh Unter.ac.id diatas. Kemudian selanjutnya melakukan atau membasuh kemaluan dengan tangan kiri secara detail dan bersih. Selanjutnya mencuci kedua tangan dengan menggunakan sabun. Setelah itu melakukan wudhu seperti hendak melakukan sholat pada umumnya. Lalu menguyur badan dengan bersihh serta detail sampai merasa sudah bersih dan memastikan seluruh bagian tubuh terkena air. Lalu kemudian berwudhu lagi untuk memastikan bersih, dan setelah itu mengeringkan tubuh. Itulah tata cara mandi sebelum ibadah atau menyambut puasa Ramadhan.

Manfaat Mandi dan Membaca Doa Niat Mandi Puasa Bagi Kesehatan

Ada banyak manfaat mandi junub atau mandi sebelum puasa atau menyambut puasa Ramadhan. Mandi puasa ini sendiri mirip mandi pada umumnya dimana didalam segi perspektif kesehatan memiliki banyak sekali manfaat seperti membersihkan dari segala kuman ataupun bakteri yang menempel pada tubuh. Selain itu juga, mandi disini juga membantu mengembalikan energi dengan kembali menyegarkan tubuh dari segala kepenatan ataupun aktivitas yang berat, dalam hal ini juga berhubungan mengembalikan mood serta menyehatkan badan sehingga segala aktivitas bisa dikerjakan dengan baik. Tentu ada banyak sekali keutamaan mandi sebelum puasa atau mandi junub dimana selain bermanfaat dalam kesehatan tubuh juga membersihkan serta menyucikan diri untuk beribadah.

Itulah bacaan doa niat mandi puasa dan manfaat keutamaan mandi puasa atau junub yang bisa kamu lakukan sebelum beribadah. Tentu mandi dalam hal ini tak hanya memberikan efek kesehatan jasmani juga kesehatan dalam bentuk rohani. Selain itu juga, mandi ini sendiri sebagai bentuk menjaga serta merawat diri yang dimana dalam agama Islam, manusia diwajibkan merawat serta menjaga apa yang diberikan oleh Allah SWT pada diri mereka.

Leave a Comment