Inilah Penjelasan, Tujuan, dan Struktur Contoh Proposal Kegiatan !

Jika kalian ingin mengadakan suatu kegiatan acara pastinya memerlukan persiapan yang matang bukan hanya dari segi susunan panitia namun juga rundown acara yang akan dilangsungkan namun juga kalian harus memikirkan bagaimana biaya operasional, tujuan acara yang dilangsungkan untuk apa, dan persiapan apa yang dilakukan guna memberikan kelancaran terhadap acara yang ingin dilangsungkan maka dari itu di perlukan contoh proposal kegiatan.

Tentunya dalam pembuatan proposal kegiatan ini kalian tidak boleh sembarangan dalam membuatnya karena proposal kegiatan ini penting dalam guna membantu acara yang kalian langsungkan tersebut seperti menarik sponsor maka dari itu diperlukan pembuatan proposal kegiatan acara yang baik dan benar dengan mencari contoh proposal kegiatan yang juga menarik untuk diliat serta dibaca.

Penjelasan Contoh Proposal Kegiatan

Penjelasan contoh proposal kegiatan adalah suatu proposal yang dibuat untuk rancangan kerja dengan maksud melancarkan kegiatan atau acara yang dilangsungkan oleh individu maupun kelompok seperti pentas seni, perlombaan, maupun hal-hal semacamnya.

Namun, menurut KBBI proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk kerja. Proposal sendiri banyak bentuknya bukan hanya proposal kegiatan saja namun juga banyak jenis proposal lainnya seperti proposal penelitian yang digunakan seseorang individu atau kelompok guna meneliti sesuatu, ataupun proposal umum yang rancangannya kurang lebih sama seperti proposal kegiatan namun ditulis menggunakan susunan yang lebih bebas dalam rancangannya.

Tujuan Contoh Proposal Kegiatan Dibuat

Adapun tujuan dari pembuatan proposal kegiatan adalah agar meyakinkan suatu pihak terhadap rencana acara yang akan dilakukan oleh si pembuat proposal, maka dari itu proposal kegiatan yang dibuat tentunya harus disusun secara rapi dan terperinci.

Karena itu tujuan proposal kegiatan dibuat yakni untuk meyakinkan serta mendapatkan persetujuan seperti permohonan dana ataupun kerja sama sponsorship dari beberapa pihak yang dituju. Sehingga inilah mengapa penting proposal kegiatan dibuat secara struktural,  rapi, jelas dan mudah dipahami oleh siapapun yang membacanya.

Bahkan proposal kegiatan yang dibuat juga bisa bertujuan untuk meyakinkan pelaksanaan izin penggunaan tempat dari pihak yang berwajib atau pihak yang memiliki izin lokasi, karena izin lokasi tentunya hal paling penting dalam pelaksanaan acara yang ingin dilakukan.

Pahami Struktur Penting Contoh Proposal Kegiatan

Dalam pembuatan proposal kegiatan yang ingin kalian lakukan tentunya proposal kegiatan yang dibuat tidak boleh sembarangan, karena tujuan proposal kegiatan dibuat yakni untuk meyakinkan dan mempengaruhi seseorang yang dituju untuk membantu melancarkan acara yang ingin dilangsungkan.

Maka dari itu penting bagi kalian untuk pahami penulisan sistematika struktur penting proposal kegiatan yang baik dan benar, berikut beberapa struktur penting pembuatan proposal kegiatan yang telah unter.ac.id rangkum.

1. Cover atau Sampul Proposal Kegiatan

Bagian penting yang harus kamu buat dalam proposal kegiatan yang ingin kalian lakukan yakni cover atau sampul proposal kegiatan. Dalam pembuatan sampul proposal kegiatan hal yang harus pastikan adalah rapi dan enak dilihat agar pembaca tertarik melihatnya. Jangan lupakan juga logo organisasi atau kegiatan yang kalian miliki, nama acara tersebut atau tema acara, dan jika memungkinkan juga memasukkan alamat acara.

2. Latar Belakang Kegiatan

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah memasukkan latar belakang kegiatan, latar belakang kegiatan ini bisa dimulai dari latar belakang mengapa acara ini dibuat apakah kegiatan yang sama sudah ada sebelumnya yang meyakinkan penerima proposal kegiatan memiliki alasan membantu kegiatan yang dilakukan.

3. Nama Kegiatan yang Dilakukan

Selanjutnya kalian harus memasukkan nama ataupun tema yang dibuat dalam proposal kegiatan ini, sertakan juga alasan mengambil tema yang ada kalian buat untuk acara tersebut.

4. Tujuan Kegiatan

Pastikan juga kalian punya tujuan acara yang diselenggarakan agar si penerima proposal kegiatan yakin terhadap tujuan acara yang kalian buat terstruktur dan si penerima proposal lebih yakin terhadap acara yang dibuat.

5. Susunan Acara Kegiatan

Hal yang tidak kalah penting adalah memastikan acara kegiatan dalam proposal kegiatan kalian agar secara sistematis acara yang dilangsungkan dapat lebih rinci dari awal sampai akhir acara.

6. Tempat dan Waktu Kegiatan

Pastikan juga bahwa kalian sudah membuat jadwal dan waktu kegiatan agar meyakinkan si pembaca proposal kegiatan bahwa kegiatan yang kalian lakukan sudah dijadwalkan dengan rapi dan disiplin.

7. Bentuk Kepanitiaan

Dalam pembuatan acara hal yang penting adalah membentuk kepanitiaan, maka dari itu susunlah panitia berdasarkan divisinya agar acara yang dilangsungkan terstruktur.

8. Estimasi Biaya Anggaran

Hal penting lainnya adalah menulis biaya anggaran yang digunakan selama acara berlangsung, ini penting karena nantinya proposal kegiatan kalian bisa dijadikan sebagai permohonan kerja sama (sponsorship) untuk beberapa pihak yang bersedia membantu kalian dalam segi pendanaan acara.

9. Penutup

Setelah semua unsur proposal diatas telah ditulis, kalian harus mengucapkan kalimat penutup berupa terima kasih atau harapan kepada pembaca proposal untuk melancarkan acara kalian.

Itulah beberapa penjelasan, tujuan dan struktur dalam pembuatan contoh proposal yang harus kalian lakukan agar pembuatan proposal kalian lebih rapi dan meyakinkan para penerima proposal kegiatan acara untuk melancarkan kegiatan yang kalian lakukan. Tentu dalam membuat proposal ini mesti harus kamu lakukan dengan benar khususnya pada sistematika penulisan.

Leave a Comment